Desain Balkon Rumah Minimalis

Sunday, August 3rd 2014. | Desain Rumah

Desain Balkon Rumah minimalis. Desain rumah minimalis berkembang dengan pesatnya dewasa ini. Semakin banyak sekali peminat desain rumah yang lebih mengedepankan konsep simpel dan sederhana ini. Budaya instan kian menjamak di segala bidang. Begitupun desain rumah. Kata minimalis kian menjadi pilihan banyak masyarakat urban dalam keseharian mereka.

Berbagai kemudahan dapat dirasakan dengan Anda memilih desain ini. Lebih mudah perawatannya, lebih terasa nyaman, lebih menghemat biaya, tanpa mengurangi aspek estetika dalam sebuah seni mendirikan bangunan. Tentunya berbagai keruwetan dalam mencari lahan luas, kini dapat disiasati dengan penggunaan desain minimalis pada rumah impian Anda.

Semua aktifitas keseharian Anda akan berawal dari rumah dan berakhir di rumah. Oleh karena itu, suasana nyaman dan senang menjadi bagian pokok dari rumah idaman Anda tersebut. Bagaimanapun rumah akan menjadi titik balik dari segala rencana Anda dan sumber inspirasi dalam aktifitas Anda. Desain rumah minimalis akan dapat menjawab segala tantangan dari kebutuhan Anda kan rumah yang sederhana dan nyaman.

Desain Balkon Rumah minimalis

Desain Balkon Rumah Minimalis

Fungsi Balkon

Pada bangunan rumah minimalis lantai 2 akan terasa kurang jika tidak disertai dengan bangunan balkon. Sangat disayangkan sekali apabila kita tidak memanfaatkan keuntungan dengan menciptakan balkon pada rumah minimalis Anda. Selain sebagai pemanis desain rumah minimalis Anda dan dapat meningkatkan nilai fasad rumah minimalis Anda.

Anda dapat memanfaatkannya sebagai tempat untuk bersantai atau beristirahat. Manfaatkan view yang ada di sekitar Anda dengan menempatkan balkon sesuai dengan view yang Anda inginkan. Atau Anda ingin menikmati sunset atau sunrise di balkon bersama orang tersayang, maka pilih desain balkon dengan menghadap pada arah datang matahari atau sebaliknya.

Pemilihan desain balkon rumah minimalis bukanlah sembarang alasan. Selain sebagai pemisah ruangan antara interior dan eksterior yang lebih prifasi, desain balkon minimlais akan dapat memberikan kesan mewah dan elegan meskipun dengan desain yang sederhana. Elemen-elemen yang diaplikasikan pada desain balkon rumah minimalis Anda menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda, mengikuti tren desain balkon saat ini.

Bentuk Balkon

Sebuah balkon memiliki ukuran, panjang dan tinggi. Karena posisinya berada di atas lantai, maka harus dengan mengikuti ukuran standar dalam membuat balkon minimalis pada rumah Anda. Hal ini mengikuti pergeseran orang di atasnya sehingga harus ekstra kuat dan kokoh. Bukannya hal yang menyenangkan, malapetaka lah yang akan terjadi jika Anda sampai mengabaikan strandar tersebut.

Pilihlah bentuk desain balkon yang berbentuk kubus akan semakin mempercantik desain balkon Anda, sehingga lebih terkesan minimalis dan modern.

Desain pad pagar atau railing hand yang baik adalah dengan desain sederhana menggunakan teralis polos pada pagar atau railing hand baik secara horizontal maupun vertikal.

Yang perlu diperhatikan adalah ukuran pagar atau railing hand tidak boleh lebih tinggi dari ukuran pagar rumah. Begitupun dengan desain railing hand menyesuaikan dengan desain pagar rumah Anda. Jika hal ini terjadi maka akan dapat mengurangi estetika rumah minimalis Anda sehingga kurang harmonis dengan desain utama rumah minimalis Anda.

Perhitungkan dengan cermat sinar matahari yang masuk ke balkon rumah Anda, misalnya Anda jangan membuat balkon tepat menghadap pada arah tenggelamnya matahari. Hal ini dikarenakan, sinar matahari pada saat tenggelam akan terasa lebih panas dibanding saat matahari terbit. Tentu saja hal ini dapat berdampak pada warna cat dan perabot yang ada di balkon.

Namun jika hal ni tidak dapat dihindari, Anda dapat menyiasatinya dengan mengaplikasikan tanaman/ pohon yang diletakkan dalam sebuah pot sehingga dapat menghalangi sinar matahari yang masuk. Jika masih tidak memungkinkan Anda bisa mengaplikasikan tanaman yang menjuntai ke bawah ataupun tanaman yang diletakkan pada pot gantung.

Disamping itu Anda juga perlu untuk memperhatikan kondisi lingkungan seperti berikut sebelum Anda melanjutkan rencana Anda membuat sebuah balkon.

Ukuran Balkon

Ukuran jalan yang sempit. Maka Anda harus menyesuaikan dengan kondisi ini dengan membuat balkon dengan ukuran yang tidak terlalu luas. Sehingga bukannya kesan luas yang akan didapat melainkan kesan sempit dan sesak.

Ukuran jalan yang lebar. Maka Anda harus menyesuaikan dengan membuat balkon dengan ukuran yang maksimal, sehingga akan didapat kesan luas.

Kondisi dekat jalan yang bising. Maka Anda harus menyesuaikan balkon Anda dengan membuatnya sedikit menjorok ke dalam. Sehingga dapat mengurangi efek berupa suara bising karena arus kendaraan.

Bangunan balkon yang sama dengan tetangga. Maka pilihlah desain balkon yang sedikit lebih tertutup.

Warna cat pada Balkon

Anda dapat menggunakan warna cat pada adinding balkon Anda dengan warna-warna cerah sesuai dengan cat dasar pada dinding utama rumah minialis Anda. Kombinasikan warna yang tepat untuk balkon Anda, sehingga dapat tercipta warna-warna yang serasi.

Gambar Desain Balkon Rumah Minimalis

Furnitur dan ornamen pendukung lainnya

Anda dapat mengaplikasikan furnitur pada balkon minimalis Anda berupa meja atau kursi minimalis seperlunya tergantung ukuran balkon yang Anda buat. Pilih furnitur dengan ukuran yang tidak terlalu besar, pada balkon yang tidak terlalu luas.

Pilih warna furnitur sesuai dengan warna dasar cata yang digunakan pada dinding balkon minimalis Anda. Atau Anda juga bisa menggunakan warna-warna natural dari furnitur yang Anda gunakan, sehingga suasana lamai dan natural dapat tercipta pada balkon minimalis Anda.

Anda juga dapat mengaplikasikan hiasan dinding pada dinding balkon Anda. Sehingga akan tampak lebih cantik, tetapi jangan aplikasikan terlalu berlebihan. Hal ini dapat mengganngu pandangan mata sehingga akan terkesan sempit dan sesak.

Fruniture Kayu Rotan Balkon Rumah Minimalis

Furniture Balkon Rumah Minimalis

Agar lebih terkesan hijau dan asri, beberapa tanaman hias dalam pot gantung maupun pot biasa dapat diaplikasikan pada balkon minimalis Anda. Ingat, semua aplikasi tambahan ini dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan kondisi balkon Anda. Jangan sampai semua aplikasi yang Anda tempatkan pada balkon minimalis Anda malah akan semakin membuat sesak dan sempit. Sehingga akan jauh dari kesan minimalis yang ingin disampaikan pada balkon Anda. Semoga dapat memberikan referensi positif dalam Anda membuat desain balkon rumah minimalis Anda.

tags: , ,