Desain Jendela Minimalis Modern

Friday, August 22nd 2014. | Desain Rumah

Desain Jendela Minimalis Modern. Salah satu bagian yang penting dalam sebuah rumah minimalis adalah jendela. Selain berfungsi untuk mempercantik desain rumah minimalis, jendela sangat berperan dalam sirkulasi udara dan pencahayaan pada rumah minimalis Anda. Jadi, jendela sangat diperlukan dalam setiap ruangan pada rumah minimalis, sehingga kita tidak boleh melupakan salah satu objek penting ini.

Berbagai jenis model desain jendela minimalis semakin berkembang saat ini, bahkan desainnya pun lebih rumit jika dibandingkan dengan desain jendela pada jaman dahulu. Selain kebutuhan kita akan jendela yang dapat berfungsi dengan baik, nilai keindahan pada setiap jengkal desain jendela minimalis dapat menghadirkan perasaan yang nyaman dan menyenangkan hati.

Desain Jendela Minimalis

Desain Jendela Minimalis

Depan

Agar kesan keindahan dari desain minimalis dapat terjaga pada setiap desainnya, gunakan jendela yang berukuran besar pada ruang tamu Anda. Pada siang hari sinar matahari akan menjadi pencahayaan yang alami pada ruang tamu Anda dan semakin terlihat alami. Bahkan dengan penggunaan jendela yang berukuran tersebut akan membuat sirkulasi udara di ruang tidur Anda semakin segar dan dapat menciptakan suasana istirahat Anda semakin nyaman. Desain jendela dengan ukuran besar seperti ini juga dapat diterapkan pada jendela ruangan yang lainnya, seperti jendela ruang tengah.

Desain jendela dengan bahan kaca polos yang dilengkapi dengan teralis besi pada belakang kaca, menjadi desain jendela yang paling banyak diminati saat ini. Pemakaian teralis besi pada desain jendela minimalis Anda akan semakin memberikan kesan mewah dan elegan. Khusus untuk ruang tamu Anda, pilihlah desain jendela dengan 1 atau 2 jendela yang ditempatkan di depan ruang tamu ataupun di samping ruang tamu. Tentunya Anda harus menentukan posisinya sesuai dengan arah datangnya sinar matahari.

Berikut sebagai referensi Anda, kami sajikan berbagai jenis jendela dari segi bahan rangka yang digunakan.

1. Jendela Aluminium

Jendela dengan jenis ini merupakan jenis jendela dimana rangka atau kusen jendela terbuat dari aluminium dan pada body jendela dipasang kaca. Jendela aluminium banyak digunakan pada desain gedung perkantoran, ruko, swalayan dan juga rumah. Pada jendela jenis ini terdapat dua macam, yaitu jendela dengan model buka tutupnya dengan cara digeser ke kanan dan ke kiri atau dengan cara sliding dan swing.

Pada jendela swing juga dibagi ke dalam dua jenis yaitu yang engselnya dibuka dari bawah ke depan dan jendela yang engselnya dibuka ke samping.
Penggunaan bahan aluminium sebagai rangka jendela, sangat cocok untuk bangunan dengan konsep minimalis. Disamping sifatnya yang ringan, bahan ini juga ramah lingkungan. Penggunaan bahan dari aluminium dapat mengurangi penggunaan bahan dari kayu, sehingga dapat mengurangi penebangan pohon di hutan. Meskipun ringan, bahan dari aluminium ini tetaplah menjadi bahan yang kokoh dan memiliki kontruksi yang kuat. Jenis dan warnanya yang beragam menjadikan kita memiliki banyak pilihan untuk dapat diaplikasikan pada desain minimalis rumah Anda.

2. Jendela Kayu
Bahan rangka dari jenis kayu ini sangat mudah didapatkan dan merupakan jenis bahan yang paling banyak dipergunakan untuk bangunan rumah tinggal. Sudah jauh dari dulu orang mengenal kayu sebagai bahan atau material penting dalam pembuatan rumah. Keindahan dari urat kayu sangat mempesona orang pada masa lalu bahkan hingga sekarang, mulai dari kusen sampai peralatan rumah tangga.

Beberapa jenis kayu seperti mahoni, meranti maupun jati biasa digunakan sebagai bahan dasar dari kusen seperti jendela. Diantara beberapa jenis kayu ini, kayu jatilah yang merupakan jenis kayu yang terbaik untuk digunakan untuk bahan jendela. Jenis kayu ini termasuk jenis kayu yang keras sehingga awet dan sangat baik untuk kusen. Kayu jenis ini juga banyak digunakan menjadi perangkat furnitur karena tampilan urat kayunya sangat menawan.
Material kayu sangat membutuhkan perhatian dan perawatan yang baik dan tepat. Oleh karena itu, dalam aplikasinya harus dihindarkan dari kelembaban dan air (basah).

3. Jendela Kaca
Penggunaan kaca pada desain jendela sering dikombinasikan dengan bahan aluminium maupun kayu sebagai bahan rangkanya. Penggunaan jenis kaca polos lah yang paling banyak digunakan selain kaca riben yang berwarna gelap, maupun kaca berwarna. Disamping dapat mengekspos sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan secara maksimal, penggunaan kaca polos ini juga semakin menunjukkan kesan minimalis pada desain rumah Anda.

Tentu saja pemilihan jenis bahan dari desain jendela minimalis tersebut harus menyesuaikan dengan desain pintu minimalis di rumah Anda. Pastikan dari semua elemen pada bangunan rumah minimalis Anda tetap harmionis dan seimbang.

Desain Jendela Minimalis Modern


Selain beberapa jenis desain jendela tersebut, penggunaan beberapa aksesoris pada jendela juga dapat mempengaruhi nilai estetika dari desain jendela minimalis Anda.

1. Teralis Jendela

Aplikasi teralis pada bagian belakang kusen jendela dari kaca sangat diminati oleh para pecinta desain minimalis saat ini. Banyak alasan sehingga orang banyak memilih untuk mengaplikasikan teralis pada desain jendela minimalis mereka. Selain alasan keamanan, pemasangan teralis juga akan semakin mempercantik desain jendela minimalis pada rumah Anda. Tentu saja dengan desain teralis minimalis akan memberikan kesan simpel dan elegan sehingga terkesan lebih mewah. Bila dibandingkan dengan desain teralis model klasik, desain teralis minimalis akan lebih hemat. Hal ini karena proses pembuatannya lebih cepat dibanding teralis klasik ataupun model tempa. Sehingga selain perasaan nyaman, jendela Anda akan semakin tampak elegan dan menarik.

Pilihlah desain teralis yang sesuai dengan desain rumah Anda. Jika desain rumah Anda menggunakan desain minimalis maka pilihlah desain teralis minimalis pula. Desain yang tepat akan semakin mempercantik rumah minimalis Anda.

2. Gorden
Aplikasikan gorden pada desain jendela minimalis Anda yang akan semakin mempercantik desain rumah minimalis Anda. Gorden tidak hanya sebuah tirai tetapi juga menjadi aksesoris yang akan memperindah rumah Anda. Berbagai pilihan gorden harus menyesuaikan dengan fungsi ruangannya. Pilihlah warna yang sesuai dengan warna dinding pada ruangan yang akan diaplikasikan. Anda bisa menggunakan warna-warna natural ataupun warna cerah. Bisa juga Anda sesuaikan warna gorden dengan warna pada barang-barang yang ada di ruangan yang ingin Anda aplikasikan. Tentu saja desain gorden yang Anda inginkan dapat menyesuaikan dengan budget Anda.

Baca juga Desain interior kamar tidur utama di situs ini. Demikian sekelumit mengenai desain jendela minimalis, semoga dapat menjadi referensi positif untuk rumah minimalis Anda.

tags: