Desain Pintu Rumah Minimalis Modern

Friday, August 22nd 2014. | Desain Rumah

Desain pintu rumah minimalis. Desain rumah minimalis merupakan salah satu desainyang sangat tepat untuk diterapkan pada setiap bangunan rumah modern pada era sekarang ini. Dari istilah minimalis sendiri cukup jelas untuk merujuk pada kata simpel dan sederhana. Sesuai dengan kebutuhan manusia modern dewasa ini. Kebutuhan lahan sebagai tempat tinggal yang semakin sempit namun tetap mendambakan hunian tetap nyaman. Rumah minimals hadir sebagai salah satu solusi dari berbagai keterbatasan tersebut untuk memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal yang simpel, sederhana tapi tetap bernialai seni.

Keadaan dunia yang serba praktis menjadikan setiap elemen dalam sebuah rumah minimalis harus tepat guna sesuai dengan fugsinya masing-masing.

Desain Pintu Rumah Minimalis

Desain Pintu Rumah Minimalis

Eksklusif

Desain pintu pada rumah miimalis tidak dapat dijauhkan dari fungsi utamanya sebagai akses keluar masuk para penghuninya. Keberadaan pintu pada setiap ruang memiliki aksen tersendiri yang dapat menjadi ciri ruang tersebut tanpa mengurangi fungsi utamanya. Jumlah daun pintu yang dipakai pada desain rumah minimalis tidak begitu bayak. Keberadaan pintu hanya menjadi sekat pemisah antara ruangan yang bersifat umum dan pribadi. Semakin sedikitnya jumlah pintu pada desain rumah minimalis dapat menimbulkan kesan luas pada rumah minimalis meskipun hanya dengan desain sederhana.

Sebelum Anda melaju untuk mendesain pintu pada rumah minimalisAnda, beberapa hal berikut dapat menjadi pertimbangan Anda.

1. Pemilihan tema Menyesuaikan Jenis Rumah

Sesuaikan tema pada desain pintu minimalis Anda dengan desain rumah minimalis Anda. Meskipun Anda ingin menonjolkan desain pintu minimalis Anda, tetapi jangan sampai desain pintu minimalis Anda berseberangan dengan desain rumah minimalis Anda.

2. Pemilihan bahan Pintu

Ada beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk desain pintu, seperti dari kayu, kaca, alumunium ataupun besi. Pemilihan bahan yang tepat pada desain pintu dapat mempertahankan keawetan dari pintu Anda. Jika Anda memilih bahan pintu yang berasal dari kayu, pilihlah kayu jati yang tahan terhadap hewan pemakan kayu seperti rayap. Jika Anda memilih bahan dari besi, pastikan Anda telah melapisinya dengan cat pelapis anti korosi.

Pada desain pintu utama/depan Anda dapat memilih desain yang unik dan menarik. Hal ini dikarenakan pintu depan akan menjadi sorotan awal bagi tamu yang berkunjung ke rumah Anda. Pintu dengan aksen seperti lukisan ataupun ukiran geometri atau timbul pada pintu rumah Anda dapat menjadi pilihan.

Pemilihan pintu dengan desain 2 daun pintu juga dapat memberikan kesan luas pada rumah Anda, meskipun dengan desain sederhana. Selain itu, jika Anda memilih desain dengan menggunakan bahan separoh kaca Anda dapat menempatkan tirai pada bagian dalam pintu rumah Anda. Untuk alasan keamanan, bahkan Anda bisa menambahkan desain pintu dari besi dengan motif seperti teralis ataupun bunga.

Sedangkan desain pada pintu-pintu rumah minimalis Anda yang lainnya, dapat Anda pilih dengan desain sederhana. Fungsi pintu pada bagian ini tentunya untuk memisahkan akses antara ruangan yang bersifat umum dan ruangan pribadi yang bersifat privat. Pemilihan dari bahan kaca akan tidak tepat pada desain pintu-pintu tersebut. Desain dengan perpaduan antara kayu dan aluunium bisa menjadi pilihan Anda, sehingga fungsi dari desain pintu tersebut.

3. Pemilihan Warna Pintu

Sekali lagi warna dalam desain rumah minimalis sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi pewarnaan pintu utama pada rumah minimalis Anda akan berpengaruh pada daya tarik orang yang datang berkunjung ataupun sekilas pandang terhadap rumah minimalis Anda. Pilihlah warna-warna natural dan alami dari bahan desain pintu yang Anda gunakan.

Warna-warna kayu seperti coklat tua atau coklat susu, warna abu-abu pada alumunium, warna merah hati, warna biru laut mapun putih. Padupadankan antara warna pintu utama pada rumah minimalis Anda dengan warna dinding utama. Meskipun Anda memberikan warna yang kontras pada pintu utama Anda, tetapi jangan sampai jauh dari warna dinding atau bahkan menenggelamkan warna dinding utama. Jadi, Anda harus berhati-hati dan jeli untuk memilih kombinasi warna yang tepat antara pintu dan dinding rumah Anda.

Begitupun pada desain pintu-pintu minimalis yang lain. Terapkan prinsip yang sama pada pintu kamar tidur, pintu belakang dan kamar mandi.

Desain Pintu Rumah Minimalis

4. Budget / Biaya

Sesuaikan desain pintu minimalis Anda dengan budget Anda. Untuk desain pintu utama Anda bisa jadi harganya lebih dari pintu-pintu lainnya. Hal ini dikarenakan desain pada pintu utama butuh nilai lebih, lebih unik dan lebih menarik. Desain pintu akan semakin mahal dilihat dari bahan yang digunakan dan tentunya tingkat kerumitan dari desain pintu minimalis tersebut.

Baca juga desain jendela rumah minimalis di blog ini. Semoga ulasan tentang Desain Pintu Rumah Minimalis Modern ini bermanfaat.

tags: , , , ,