Desain Taman Depan Rumah Minimalis

Thursday, August 21st 2014. | Taman Rumah

Desain Taman Depan Rumah. Hal pertama yang terlintas dalam pikiran kita saat melihat atau mendengar sebuah konsep rumah minimalis adalah keterbatasan ruang atau lahan. Pada dasarnya konsep rumah minimalis berupaya semaksimal mungkin memberdayakan lahan yang terbatas menjadi sebuah hunian yang nyaman dan cantik bagi para penghuninya. Desain Taman Depan Rumah juga diperlukan untuk memperindah rumah Anda.

Tanpa dipungkiri dari keterbatasan lahan tersebut, terkadang mengkesampingkan nilai estetika suatu hunian salah satunya dengan meniadakan taman sebagai pendukung ekteriornya.

Taman minimalis juga dapat membawa kesan segar dan damai. Efek rumah kaca yang semakin terasa, menjadikan keberadaan sebuah taman sangat penting. Sehingga dengan adanya taman minimalis yang cantik di rumah minimalis Anda dapat meminimalisir dampak cuaca panas atau global warming sekaligus sebagai pemasok udara yang berkualitas Walaupun dalam lingkup ruang yang minimalis, setidaknya dapat menyumbang udara segar. Belum lagi nantinya bisa berfungsi sebagai tempat santai bagi keluarga kecil Anda, untuk sekedar membaca koran dan minum kopi atau tempat favorit anak-anak Anda dalam belajar atau sekedar bermain.

Desain Taman Depan Rumah

Desain Taman Depan Rumah

Sederhana

Tidak ada salahnya jika berkreasi menciptakan sebuah taman cantik di depan rumah minimalis Anda. Yakinlah adanya taman minimalis di depan rumah minimalis Anda akan menjadi daya tarik sendiri sebagai pelengkap ekterior rumah minimalis Anda.

Taman minimalis tidak hanya terbatas yang ada di depan rumah saja, tetapi bisa di samping rumah, balkon atau mungkin ada di teras belakang rumah Anda. Kali ini akan dibahas tentang taman minimalis depan rumah.

1. Konsep taman minimalis

Tidak ada salahnya sebelum Anda membuat desain taman minimalis terlebih dahulu Anda tentukan konsep taman minimalis Anda terlebih dahulu. Apakah konsep taman sayuran minimalis, taman bunga-bunga minimalis atau tanaman perdu.

- taman sayuran minimalis

Desain taman minimalis dengan konsep taman sayuran minimalis sudah banyak menjadi tren saat ini. Model media tanam yang cocok untuk jenis rumah minimalis saat ini yaitu penanaman sayur-mayur atau buah-buahan kebutuhan sehari-hari dengan model tabulampot (tanaman buah dalam pot) banyak diminati. Model penanaman yang mudah dan tidak membutuhkan banyak lahan.

Jenis sayuran seperti bayam, daun bawang, tomat,cabai dan lain-lain dapat diterapkan dengan metode ini. Sedangkan tanaman buah yang cocok untuk metode tanam ini adalah jenis tanaman buah kerdil atau hibrida. Berbagai jenis sayuran menjalar dan menggantung seperti pare, labu siam dapat dibuatkan anjang-anjang yang dapat berguna sebagai perdu. Pilih jenis tanaman yang cocok dengan selera Anda dan gunakan lahan seefektif mungkin agar tetap terkesan rapi.

Kelebihannya Anda dapat menikmati hasil taman minimalis Anda dalam waktu yang tidak terlalu lama. Namun, Anda harus rajin untuk merawat taman sayur miimalis Anda seperti menyiram dan menyiangi taman Anda agar tidak terlalu banyak gulma yang mengganggu tanaman Anda. Disamping itu, karena usia tanaman yang tidak panjang sehingga Anda harus mengganti jenis tanaman dengan tanaman baru agar dapat terus menikmati hasilnya dan tetap cantik..

Anda juga dapat memilih model tanam hidroponik dengan media air. Teknik hidroponik sangat cocok untuk jenis sayur-sayuran. Caranya dengan pemasangan pipi pvc yang saling berhubungan, dimana pada sisi atas dibuat lubang sehingga dapat diberi media tanah dan ditanam sayur-sayur. Penyusunannya dapat bertingkat atau sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Sama halnya dengan jenis tabulampot, metode initetap membutuhkan perawatan yang sama. Tetapi dengan metode ini Anda bisa menghemat air Anda, karena air yang disiram akan mengalir ke semua sisi pipa pvc yang saling sambung-menyambung.

Gunakan pupuk organik seperti kompos, agar dapat mengurangi pencemaran tanah. Penggunaan pupuk organik ini lebih baik dibanding dengan pupuk kimia untuk menghasilkan tanaman buah dan sayur organik yang sehat untuk keluarga Anda.

- taman tropis semi-kering

Cobalah konsep taman tropis dengan memilih tanaman yang bisa hidup di tempat teduh yang kurang asupan sinar matahari langsung, seperti kucai mini. Anda juga bisa mencoba dengan tanaman yang berdaun hijau tua, semisal kaktus-kaktusan yang dipercantik dengan sansevieria, melati air, iris dan bromelia.

Desain taman dengan konsep seperti ini sangat membutuhkan kecermatan Anda untuk memadu padankan aneka jenis tanaman. Pilihlah jenis tanaman yang tidak terlalu rimbun sehingga menutupi akses mata untuk melihat ke-elokan desain rumah Anda. Jika Anda menginginkan jenis tanaman ini, pilih satu macam saja tempatkan pada samping kanan atau kiri rumah minimalis Anda.

Oleh karena itu,pilih konsep taman minimalis yang Anda anggap paling pas dengan kepribadian Anda.

Model dan Gambar Desain Taman Depan Rumah

2. Komposisi yang tepat

Penempatan dan komposisi tanaman yang tepat akan sangat berpengaruh pada hasil akhir taman minimalis Anda. Jangan sampai desain taman berseberangan dengan desain rumah minimalis Anda. Kesan yang rapi, simpel, harus dapat diterapkan pada konsep taman rumah minimalis Anda.

Atur ketinggian tanaman dengan tepat untuk dapat membentuk desain yang natural dan alami.Langkah selanjutnya tentukan dimana anda akan menanam, dalam artian apakah membutuhkan media pot atau langsung menanam ditanah. Selain tanaman utama sebagai bintang pada taman Anda, tetapi juga tanaman pedukung seperti rumput. Keseimbangan antara tanaman utama dan pendukung haruslah sesuai dengan kondisi. Hal ini agar komposisinya pas, tidak tumpang tindih ataupun jenis tanaman satu dengan yang lain saling menutupi.

Sekali lagi, sesuaikan desain taman minimalis Anda dengan cermat, dengan harapan diperoleh suatu perpaduan tekstur, warna, dan bentuk taman secara keseluruhan yang cantik. Jika harus menggunakan pot, pililah pot yang berwarna terang dan berbeda-beda bentuknya agar mendapatkan kesan luas.

3. Ornamen tambahan

Tambahkan ornamen tambahan yang sifatnya personal seperti lampu taman agar semakin cantik. Jika masih memungkinkan silahkan tambahkan kursi santai minimalis yang nantinya sekedar untuk istirahat atau menikmati suasana taman minimalis Anda.

Baca juga Desain kamar mandi anak minimalis di situs ini. Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Selamat memlilih Desain Taman Depan Rumah Terbaik Anda.

tags: , , , , , , ,